Tags

, , , ,

Pertama-tama saya mau mengucapkan selamat ulang tahun buat negara Indonesia yang ke-69. Meskipun ini udah lewat sih. Semoga kedepannya Indonesia bisa menjadi negara nomer satu di dunia. Entahlah, nomer satu di bidang apa. Tapi yang baik-baik pastinya..

Sebenernya dari beberapa hari lalu, udah banyak yang pingin diceritain disini, tapi entah kenapa saya selalu males buat buka si laptop ini. Sekalinya udah buka, saya malah lupa karena keasikan main PWO. Sepertinya saya harus segera menemukan aplikasi buat nulis lewat HP, biar lebih praktis.
Apa yang lebih mengejutkan ketika kehidupan kalian berjalan normal dan tiba tiba kalian merasa ada makhluk dari dunia lain yang “nginep” di rumah kalian. Seperti yang terjadi di rumah kita beberapa waktu lalu.


Hari itu, rumah kita berubah jadi rame karena keluarga besar kita baru aja ngumpul. Semua saudara yang tinggal di Solo dan yang dari Jakarta baru aja dateng. Kalau dihitung kira-kira ada 16 orang termasuk saya. Itupun masih belum semuanya dateng.
Berhubung hari udah malam, keluarga saya dan saudara yang lain berunding buat menentukan rumah pertama yang bakal disinggahi sama saudara saya yang dari Jakarta malam itu. Dan setelah dilakukan pengambilan keputusan yang cukup rumit (dengan hom-pim-pa), akhirnya sodara saya yang dari Jakarta kebagian buat nginep di rumah kita duluan. Ada 3 orang yang akhirnya nginep di rumah kita, sebut saja budhe W, dan kedua anaknya.

Saya yang saat itu ngantuk karena kekenyangan setelah menghabiskan semangkuk bakso, langsung bersiap buat menuju ke kamar duluan. Saya gak tau lagi kejadian setelah itu, sampai akhirnya saya kebangun sekitar jam 00.20 gara-gara suara budhe dari dalem kamarnya. FYI, rumah kita ini bentuknya memanjang. Di bagian depan, ada tempat nonton Tv yang bisa disulap jadi tempat tidur buat 5 orang. Di bagian belakang ada 2 kamar. Satu kamar paling ujung (yang saat itu saya tempati) dan kamar deket tangga (yang dipakai budhe). Sementara di atas, ada 1 kamar dan mini gudang.

Budhe tiba tiba ngucapin kata kata yang cukup keras dan kurang jelas juga. Dia ngucapin itu masih dalam posisi tidur atau mirip orang mimpi. (Bahasa sehari-harinya tindihan). Kita yang denger itu, spontan langsung lari ke kamar budhe dan nyadarin dia.
kenapa tadi… ?”
kayak ada orang yang mukanya ketutup setengah, lagi narik narik sprei ranjang

Entahlah, saya juga gak bisa menggambarkan kata kata yang dibilang budhe barusan. Karena habis nonton film Hollow man, saya malah keinget sama sosok Hollow man, tapi bedanya ini cuma separuh wajah.

Hollow man full wajah

Bagi sebagian orang di bidang medis, hal yang dialami budhe ini mungkin dianggep sebagai suatu hal yang namanya ‘sleep paralyze‘.

Suatu keadaan setengah sadar yang membuat orang yang mengalaminya menjadi susah bergerak karena aktivitas kimiawi di otak. –Sleep paralyze

Mungkin kalau hal ini dialami sama orang-orang di tempat yang berbeda, masih bisa dianggep Ilmiah. Tapi apa ini masih bisa disebut ilmiah kalau orang yang berbeda ngalamin hal yang sama di tempat yang sama? Karena ini bukan pertama kalinya terjadi di kamar itu.

Mas J, saudara saya yang juga tinggal di rumah, pernah ngalamin hal yang hampir sama. Selama di rumah kita, dia tidur di kamar yang ada di deket tangga itu. Dan hal aneh yang sering terjadi adalah kita selalu nemuin dia udah pindah tidur di depan waktu paginya, padahal malemnya dia tidur di kamar belakang deket tangga. Setelah denger penjelasan dari dia, ternyata dia mengaku kalau sering kebangun tengah malem karena Tindihan dan pindah ke depan karena takut. Hal ini bahkan berulang ulang terjadi, khususnya waktu 3 bulan awal tinggal di rumah kita karena kegiatan kuliah. Bedanya sama budhe, mas J gak nyeritain lebih lanjut lagi sama hal yang dia alamin dan cuma berhenti sampai sebatas kata Tindihan.
Emang sih, kamar belakang yang di deket tangga itu jarang banget dipakai. Paling cuma buat tidur kalau ada tamu yang nginep.
Jadi kesimpulan dari semua ini adalah 2 orang berbeda udah ngalamin hal yang sama di tempat yang sama. Apa ini mungkin disebut fenomena sleep paralyze yang kebetulan menimpa budhe dan mas J? Atau memang si Mr.X bener bener ada dan lagi iseng dalam rangka memeriahkan 17 Agustus? Kalaupun bener ada, keluarga kita sebenernya gak pernah diganggu selama tinggal disini.
Tapi setelah kejadian itu, saya tetep aja kepikiran, apalagi kalau keinget sama kata kata dari budhe yang udah terekam jelas dan siap diputer kapanpun waktu saya mau masuk ke kamar itu.