Tags

, , , ,

Diluar masih diguyur hujan dari beberapa jam lalu. Terhitung sejak ane mulai tidur siang sampai barusan bangun. Hujan emang lagi sering seringnya jatuh dan membasahi Solo akhir-akhir ini. Kemarin aja bahkan, hujan udah mulai turun dari siang.

Sambil nunggu hujan reda, ane coba membuat sereal ginseng yang ada di dapur. Udah pernah coba bikin. Rasanya agak aneh sih menurut ane. Heran aja kenapa bisa dinamain sereal ginseng. Padahal rasa ginsengnya gak berasa sama sekali lho. Mungkin kalo di kemasannya ga ada tulisan “Ginseng“, ane ga bakal tau kalo itu sereal Ginseng. Habisnya kalo udah jadi, ada isi-isiannya kaya minuman sereal yang lain dan rasanya sama sih. Gak ada bedanya.

Ane membawa cangkir nescafe merah yang udah berisi sereal ginseng ini dan duduk di depan rumah. Lagian di dalem juga lagi mati listrik. Iya, ini ditulis sementara pake Hape dengan baterai yang (untungnya) masih sisa 64%. Nanti diedit lagi pake lepi.

Well, lucu aja kalo lagi hujan dan duduk di depan rumah gini, liat orang-orang yang seliweran serba cepet di jalanan. Kebanyakan dari mereka bakal berubah jadi valentino rossi dadakan, bagi yang naek motor. Buat yang lagi jalan kaki, mereka malah lebih mirip banci yang lagi lari karena dikejar kamtib. Semuanya ngebut. Mereka mencoba menjaga pakaian mereka dari basah dan segera sampai ke rumah meninggalkan hujan.

Bagi sebagian orang, Hujan bisa jadi hal yang menyebalkan memang. Hujan bisa membuat aktivitas beberapa orang terhenti untuk sementara waktu. Atau sebuah momen yang membuat beberapa orang harus terperangkap di suatu tempat hanya untuk menanti redanya hujan. Kalau di inget-inget lagi, memang menyebalkan saat ane harus terjebak di kampus sampai jam 6 malem sehabis kuliah gara gara hujan. Udah berulang kali ane ngalamin hal yang sama setiap hari selasa. Kadang ane yang salah sih, gak bawa jas hujan. Hal lain yang menyebalkan adalah hujan membuat sepatu yang baru kita cuci dan udah kita keringin selama seharian jadi kembali lagi ke wujud aslinya cuma dalam beberapa menit. Kotor dan dekil.

Tapi buat sebagian lagi, hujan bisa jadi hal yang menyenangkan dan menguntungkan. Seperti tukang siomay yang lagi berteduh di sekeliling kerumunan orang saat hujan.


Habis mas..


Jawaban dari tukang siomay yang lagi berteduh di bawah gedung yang sama dengan ane, sewaktu lagi terjebak di kampus. Karena secara otomatis, hujan membuat dagangannya lebih cepat habis. Padahal waktu itu, ane lagi laper dan dialah abang satu-satunya yang ada disitu. Blah. Good for you.

Dan sewaktu ane lagi di rumah gini, hujan menunjukkan sisi lain lagi yang dipunyainya. Hujan memberikan ketenangan yang bener-bener tenang menurut ane. Tadi ane sempat tidur siang. Dan sewaktu bangun, ternyata udah disambut sama suara hujan dari luar. Ada perasaan nikmat saat kita membuka mata dan tau diluar lagi hujan. Tenang rasanya. Dengan memandangi hujan gini, ternyata ane juga bisa ngerasain banyak sisi menarik lain dari hujan. Mulai dari udara yang berubah jadi sejuk, suara air hujan yang jatuh di genting sebelum akhirnya menetes ke tanah (Coba diem dan dengerin deh kalau lagi hujan), sampai bau tanah kering yang jadi wangi karena terkena siraman air hujan. Percaya atau enggak, hal-hal sederhana kaya gini membuat pikiran kita jadi tenang.


 

Hal lain yang menarik saat duduk memandang hujan di luar adalah hujan bisa memberi kita banyak inspirasi. Tentang apapun. Kadang hujan juga membuat kita jadi teringat lagi sama kenangan kenangan indah yang pernah terjadi dalam hidup kita. Ane mulai percaya deh, kalau efek flashback yang ditimbulkan hujan itu memang bener-bener ada dan terjadi. Dan secara gak sadar, ane udah “dibawa” untuk menikmati hujan dengan cara yang berbeda lagi.

Iya, hujan memberikan kesan yang berbeda beda setiap waktunya. Kadang menyebalkan. Kadang menguntungkan. Atau kadang menenangkan. Turunnya hujan membuat hidup ini terasa lebih istimewa. Terdengar sedikit berlebihan memang kalimat barusan. Tapi ya gitu deh. 

Seperti hujan yang selalu turun dan memberikan warna yang berbeda bagi setiap penikmatnya. Dan seperti segala tantangan hidup yang akan lebih berwarna jika kita melihatnya dari arah yang berbeda.



Yeah, It’s raining and it’s awesome :)

pic : google

