Tags

, , , , , ,

Pernah ngalamin yang namanya Insomnia? Jadi, Insomnia itu adalah keadaan dimana seseorang lupa ingatan. Bentar, kalian pasti mau menuduh kalo ane lagi mabuk gara-gara abis nelen knalpot dan mau bilang kalo ane salah karena lagi ngejelasin tentang amnesia. Iya kan? Enggak kok, ane bener. Jadi, tolong jangan pasang muka sinis kaya gitu.

Insomnia itu lupa ingatan. Iya, lupa ingatan tentang gimana caranya buat tidur.

Well, ane bukanlah seseorang dengan tingkat insomnia akut, yang setiap harinya harus menunggu sampai subuh baru bisa tertidur, Untungnya. Tingkat insomnia ane masih dalam taraf rendah deh kayanya. Tingkat insomnuia yang dimana akan menyerang seseorang dalam waktu tertentu aja. Gak se-ekstrim yang udah akut.

Tapi mau Insomnia yang gimana aja, ane bakal tetep bilang kalo Insomnia itu gak enak. Kenapa gak enak? Kita udah coba menutup mata, baring ke kanan, baring ke kiri, pakai bantal yang paling empuk, sampai mencoba membuat badan kita capek kayak loncat-loncat niruin gaya JKT48 yang lagi manggung (yang ini bercanda), tapi tetep aja ga bisa tidur. Nyebelin kan?

Masih banyak hal lain yang membuat insomnia gak enak. Salah satunya adalah gak banyak yang bisa dilakuin waktu Insomnia menyerang. Mungkin beberapa orang akan menyarankan buat nonton Tivi. Mencari hiburan dan kemudian tertidur. Teorinya. Tapi itu bisa jadi ide yang gak terlalu bagus juga menurut ane. Terutama kalau kalian tinggal di Indonesia. Kenapa? Karena tayangan Tivi di Indonesia selalu muterin acara yang sama setiap maelmnya.

“Lilin itu akan jadi satu-satunya alat bantu anda selama disini. Dan anda bisa menjelaskan apa saja yang anda rasakan selama disini melalui kamera di depan anda. Jika sudah tidak kuat, cukup lambaikan saja tangan ke kamera.”

5 menit kemudian..

“Saya melihat sesuatu di jendela. Saya juga mendengar suara langkah kaki.”

“Ada suara langkah kaki. Semakin mendekat. Semakin jelas”

“Tangan saya semakin dingin. Seperti ada yang memegang tangan saya. Iya, tangan sayaaaa. Nyeraaaah!. “

Bosen gak si? Jujur, ane bosen. Dulu acara kayak gini, cuma ditayangin setiap malem minggu atau malem Jumat aja. Tapi sekarang? Hampir setiap hari! Dan yang lebih parah adalah gak cuma satu stasiun Tivi aja yang nayangin. Coba kalian itung deh. Ane yakin, bukannya bisa ngebuat kita tertidur waktu Insomnia menyerang, tapi malah ngebuat kita tetap terjaga dan tambah susah tidur.

Iya, ane prihatin. Prihatin sama tayangan Tivi di Indonesia waktu malem hari. Kenapa mereka gak mikirin gimana perasaan kami, para insomnia yang sedang berjuang mencari tontonan yang bisa menghibur dan membuat tertidur. Oh meeen…


Hal lain lagi yang semakin membuat para Insomnia menderita adalah kita dituntut untuk bisa mengatur kegiatan kita dengan waktu tidur yang sesempit mungkin. Ane adalah seseorang yang paling gak bisa buat bangun siang, bahkan waktu lagi liburan. Gak tau kenapa. Udah kebiasaan kali ya? Iya, ane bakal tersiksa kalo Insomnia lagi menyerang. Karena itu berarti ane akan berada dalam keadaan jam tidur malam yang telat dan jam bangun pagi yang tetep pagi, gak berubah. Ane paling baru bisa ngelanjutin tidur lagi siangnya. Nocturnal banget ya?

Ane barusan browsing dan nemu beberapa makanan yang harus dihindari, supaya Insomnia gak menyerang. Yang pertama, coba kalian hindari makan makanan pedes sebelum tidur. Yang kedua, adalah Kopi. (Yakali, kalian Insomnia dan mau minum Kopi sebelum tidur). Ane emang jarang dan gak terlalu sering minum kopi sih. Ane akhir akhir ini malah lebih sering minum sereal Ginseng. Eh, ini termasuk makan apa minum ya sebenernya? Soalnya ada isinya sih, kayak oat.

Oiya, ane lagi heran sama sereal Ginseng yang ada di rumah. Kemaren pas ane liat di rak, cuma tinggal beberapa aja. Tinggal dua atau tiga gitu. Tapi ajaibnya, tadi bisa ada banyak lagi. Ane mulai curiga, jangan jangan orang tua ane udah dipaksa jadi sales sereal Ginseng keliling buat menyambung hidup deh. Ah bisa jadi.

Yah itulah beberapa alasan kenapa Insomnia itu gak enak. Iya, sepele tapi enggak enak. Yauda, sabar aja. Kita ambil aja sisi positif dari Insomnia, kayak misaaal.. ummmm…  ada gak sih? misal bisa ngabisin makanan yang ada di dapur tanpa ketahuan. Lalu sewaktu bangun pagi dan ditanya sama orang rumah, kita bisa ngeles dengan jawaban “Rumor tentang tuyul itu benar adanya!”

Pic : google

